Thursday, November 24, 2011

the virgine natural


Atraksi alam panorama Gunung Rinjani mendominasi topografi Pulau Lombok ini menawarkan wisata alam yang cukup menantang. Keeksotisan gunung ini sudah terasa saat Anda menapak sepanjang jalanan menanjak. Pada ketinggian sekitar 2.000 meter dpl, pemandangan menakjubkan berupa danau Segara Anak yang terbentuk dari kawah gunung berapi yang sangat besar (kaldera).
Disinilah anda dapat menebus rasa lelah dengan suguhan pemandangan eksotis setelah mendaki. Paduan antara permukaan danau yang membiru dengan dinding alam kerucut puncak Rinjani yang terletak di pinggir sebelah barat kaldera Segara Anak, bagaikan lukisan alam yang tak terbandingkan. Tempat ini juga merupakan surga bagi para penggemar memancing. Sembari menikmati pesona alam dan suasana yang sangat berbeda, anda bisa leluasa memancing beberapa jenis ikan tawar.
Selain puncak, tempat yang sering dikunjungi adalah Segara Anak, sebuah danau kawah di ketinggian 2.000 mdpl. Untuk mencapai lokasi ini kita bisa mendaki dari desa Senaru atau desa Sembalun Lawang (dua entry point terdekat di ketinggian 500 mdpl dan 1.200 mdpl). Kebanyakan pendaki menyukai start entry dari arah Sembalun, karena bisa menghemat 700m ketinggian. Rute Sembalun agak panjang tetapi datar, dan cuaca lebih panas karena melalui padang savana yang terik (suhu dingin tetapi radiasi matahari langsung membakar kulit). Krim penahan panas matahari sangat dianjurkan.
Dari arah Senaru tanjakan tanpa jeda, tetapi cuaca lembut karena melalui hutan. Dari kedua lokasi ini membutuhkan waktu jalan kaki sekitar 9 jam menuju bibir punggungan di ketinggian 2.700 mdpl (tiba di Plawangan Senaru ataupun Plawangan Sembalun). Di tempat ini pemandangan ke arah danau, maupun ke arah luar sangat bagus. Dari Plawangan Senaru (jika naik dari arah Senaru) turun ke danau melalui dinding curam ke ketinggian 2.000 mdpl) yang bisa ditempuh dalam 2 jam. Di danau kita bisa berkemah, mancing (Carper, Mujair) yang banyak sekali. Penduduk Lombok mempunyai tradisi berkunjung ke Segara Anak utk berendam di kolam air panas dan mancing.

No comments:

Post a Comment